Memenuhi kebutuhan Videography, Photography, Komputer, dan Internet. Visit Us Now!

Loading

Thursday, December 9, 2010

MEMULAI BISNIS ONLINE PRODUK PERNIKAHAN

Mau jadi pengusaha itu serba susah, bahkan memilih kerjaan yang mau dikerjakan juga susah. Dari begitu banyak industri, bidang, barang dan layanan, mana yang kiranya paling cocok untuk usahamu?
Pemikiran ini pasti terlintas saat kita ingin memulai suatu usaha. Apakah anda mau jadi Trend-Setter atau Trend-Follower?
Berikut ada beberapa hal yang bisa dijadikan panduan untuk memilih topik bisnis yang tepat, entah itu barang atau jasa.

What You Have
Mulai dari skill, financial, network, atau bakat lainnya, apa yang paling kamu miliki atau kuasai? Tujuannya memahami diri kita sendiri, sebelum terjun ke pasar sambil mencari elemen lain yang komplementer.

Bila anda seorang programmer atau developer tangguh, tidak perlu lagi mencari teman developer lain dengan kemampuan yang sama. Selain menghabiskan jatah saham, banyak faktor lain yang perlu dipenuhi, demi kesuksesan.

What You Like
Untuk sukses berjualan, anda harus paham betul barang dan jasa yang anda tawarkan. Biasanya, karena anda sudah mempunyai minat, maka lebih menyenangkan untuk mempelajari topik tersebut lebih dalam.
Mau buka toko sepatu basket? Sudah pasti anda harus up-to-date tentang IBL dan NBA, penting juga untuk ikut serta dalam aktifitas lokal guna menjaring relasi.

Where You From
Maksudnya adalah, kamu dari kalangan apa? Apakah kamu dari kalangan bawah, menengah, atau konglomerat? Dengan mengetahui status sosial ekonomi, bisa membantu kita menentukan barang atau jasa apa yang kiranya diperlukan.

Kalau memang anda dari kalangan konglomerat, maka tidak susah untuk mendatang satu kapal mobil mewah. Pasti tidak lama ludes terjual oleh kalanganmu sendiri. (Meskipun modalnya masih perlu hutang dari bank.)

What They Like
They, atau mereka, dalam pengertian ini adalah orang-orang di sekitarmu. Bisa berarti sanak saudara, teman sekolah, atau teman kerja. Mengapa ini penting? Karena peduli usaha apapun yang kamu mulai, pelanggan pertama pasti teman atau saudara.

Gemar bermain bola? Mungkin bisnis sepatu bola import bisa dijadikan peluang usaha, karena saya perhatikan toko sepatu di mal kurang lengkap koleksinya, dan beberapa teman bahkan sering menitip teman yang ke luar negeri.

Who You Know
Coba pikirkan sejenak dan coba buat suatu daftar orang-orang penting yang kau kenal. Untuk suatu usaha, perlu adanya suatu pemasok dan jalur pembuangan. Nah, dari daftar di atas, mereka punya apa? Dan butuh apa? Selain itu, mereka juga mempunyai potensi untuk menjadi partner yang komplementer.
Punya teman yang jago marketing? Tidak ada salahnya meminta bantuannya untuk menawarkan barang dagangan anda, dengan imbalan komisi.
Beberapa menganggap dirinya bisa melakukan segalanya. Meskipun bisa, mungkin tidak cukup waktunya. Di jaman yang serba cepat ini, kolaborasi sangatlah penting dan sangat dianjurkan.

Dari beberapa tip di atas memang terkesan sangat umum, tapi bisa juga dipraktekan dalam bisnis online. Baik itu membangun suatu niche blog atau usaha toko online.

Sudah siap memulai usaha?

PS: Terima kasih kepada Fikri@Bloggingly atas ide topiknya.

Anda Lebih Bahagia Lagi Kalau Membaca Artikel ini:

1 comment:

  1. Kalo menurutku bisa juga langkah selanjutkan kita memakai jasa iklan seperti iklan online pasti bisa membantu,tapi aku suka banget mas artikelnya keren,...

    ReplyDelete