RUBAH BLOGSPOT/WORDPRESS MENJADI .COM ! MURAH MERIAH !!!
Namecheap.com - Cheap domain name registration, renewal and transfers - Free SSL Certificates - Web Hosting

HUBUNGI KAMI APABILA ANDA KESULITAN DALAM PEMBELIAN VIA SMS : 0852.57090.372


Memenuhi kebutuhan Videography, Photography, Komputer, dan Internet. Visit Us Now!

Loading

Wednesday, November 24, 2010

TIPS MEMULAI DAN MENJADI PENGUSAHA

Tips: Memulai dan Menjadi Pengusaha Itu Mudah, Inilah Rahasianya

Siapa sih yang tidak ingin sukses dan menjadi seorang pengusaha?
Hampir setiap orang pengin sukses dalam hidupnya, namun kebanyakan kita terbayang bahwa sukses itu identik dengan kekayaan materi. Dan itu sah, walaupun sebuah kebahagiaan tidak selalu harus diraih dengan kekayaan melimpah. Dan banyak cara, terserah sahabat tohitem menentukan sendiri. Tidaklah salah jika kita punya cita-cita menjadi sukses (KAYA). Berkaitan dengan hal sukses itu, tohitem akan sedikit berbagi rahasia sukses seorang pengusaha.

nukilan dari orang berduit
Semalam tohitem berkesempatan ngobrol dengan seorang sahabat yang menjadi pengusaha di bidang IT dan internet di Jakarta. Memanfaatkan teknologi smartphone bawaan BlackBerry Mesenger (BBM), tohitem berkesempatan menguak rahasia sukses menjadi pengusaha dengan modal pas-pasan tetapi berbekal niat dan kemauan yang luar biasa.

Mungkin sebagian besar dari kita selalu berpikiran, bahwa untuk menjadi seorang pengusaha atau wiraswastawan memerlukan keahlian serta modal yang cukup. Tetapi ternyata semua itu tidak mutlak diperlukan. Yang terpenting adalah adanya niat serta kemauan yang kuat.
Berikut ini tohitem akan sajikan resep dan tips sukses jadi pengusaha, yang merupakan ringkasan hasil wawancara eksklusive dengan pengusaha muda di bidang IT, dan kurang lebihnya sbb:

1. Pintar Membaca Peluang

Membaca peluang adalah salah satu hal yang perlu dipunyai seseorang yang ingin memulai sebuah usaha. Entah apapun bentuk usahanya, yang mesti diperhatikan adalah peluang untuk bisa dikembangkan. Sebenarnya kemampuan untuk membaca suatu peluang usaha tidak harus berbekal suatu disiplin ilmu. Namun cobalah cari apa-apa saja yang ada disekitar kita. Pernah tohitem bertanya pada seorang pengusaha di bidang jual beli olie bekas di Pasuruan,sebenarnya sangatlah mudah dan simple , menurutnya kita CUKUP dan HANYA MELIHAT SELURUH TUBUH kita! Mulai dari ujung kuku kaki hingga ujung rambut di kepala! Dari kuku, ada pemotong kuku, salon pedicure, dll. Dari kaki ada sandal, sepatu, kaos kaki dll. LUAR BIASAA...!! Itu hanya dari kuku kan kaki, belum naik ke atas sampai ke kepala!
Bukankah yang namanya sebuah usaha atau bisnis selalu berkaitan dengan kebutuhan manusia? Itu filosofi dan resep dasar membaca peluang suatu usaha. Semakin pintar membaca kebutuhan manusia ribuan inspirasi usaha akan kian terkuak.Jadi??

2. Tidak Membatasi Diri
Apakah mungkin seorang pegawai kantoran bisa jadi pengusaha?
Apakah mungkin dengan modal sedikit bisa menjadi pengusaha?
Sikap yang membatasi diri untuk maju dalam hal pekerjaan apapun merupakan hal negatif yang harus ditinggalkan kalau ingin memulai suatu usaha. Banyak orang selalu berpikir mengenai modal, modal dan modal, padahal kita belum memulainya. Ada yang berpikir tidak adanya kesempatan karena kondisi pekerjaan yang begitu padat (Untuk melatih berpikir positif silahkan baca, Tips: Bagaimana Meraih Keinginan dengan Memotivasi Diri Sendiri). Trus kapan kita mau memulai menjadi pengusaha?

Mengenai hal ini bisa belajar dari pengalaman sahabat tohitem si pengusaha muda bidang IT. Menurutnya untuk memulai usaha yang diperlukan hanyalah niat, tidak butuh disiplin ilmu tertentu, tetapi kemampuan menjual. Untuk memilih jenis usaha urusan ke sekian yang penting bisa jualan! Jangan membatasi diri, hanya karena bidang ilmu yang kita punya tidak sesuai dengan jenis usaha yang kita pilih. Karena menurutnya, ilmu jualan/marketing lebih berperan dari pada barang/jasa apa yang kita jual. 


Dan hal ini bisa didapatkan sambil jalan. Sahabat tohitem ini juga menambahkan, untuk modal tidak harus banyak, cukup sesuai dengan kemampuan kita. Kita bisa mendapat modal dari hutang, entah mesti menggadaikan aset yang kita punya atau melakukan pinjaman ke bank.
Satu lagi,menurutnya seorang pengusaha harus mempunyai ciri: "sedikit berpikir banyak bekerja!"
Kebanyakan kita terjebak oleh pikiran kita sendiri, selalu muncul kata "jangan..jangan nanti..." dsb. itu adalah sikap membatasi diri yang akan menghambat kesuksesan kita. Jangan berpikir mengenai hasil tetapi lebih mengedepankan proses. Gemana mau jadi pengusaha sukses jika hanya dalam pikiran saja? Segera lakukan apa yang ingin dilakukan, bukan berpikir masalah hasil.
Jadi, intinya dalam memulai untuk menjadi seorang pengusaha jauhkan sikap membatasi diri, karena hal tersebut akan merupakan racun sukses!


Itu saja ringkasan tips sukses menjadi pengusaha yang bisa tohitem berikan hasil dari exclusive interview dengan salah seorang karib tohitem dari kota Metropolis Jakarta. Mungkin karena saking banyaknya tips tips hebat untuk sukses jadi pengusaha, malah membuat bingung kita. Dan tohitem sendiri yakin dengan berbekal dua hal tersebut, sudah cukup sebagai modal untuk memulai sebuah usaha, entah sebagai sampingan atau totalitas (Baca Kisah Nyata:Kata Siapa Seorang Karyawan Kantoran Tidak Bisa Kerja Sambilan?? Ade Shop dari Rumah Fashion Buktinya). Salam Sukses..!!


Anda Tertarik menjadi Pengusaha di bidang Wedding Videography atau Video Shooting?

BACA INFO DAN TIPS MENJADI PENGUSAHA DISINI

Anda Lebih Bahagia Lagi Kalau Membaca Artikel ini:

0 comments:

Post a Comment